Tiga Olahraga Sunnah, Pondasi Bagi Si Kecil

Oleh : Defrizal Siregar, S.Or (Ketua Divisi Olahraga JSIT Indonesia dan Sports Consultant)

“Ajarilah anakmu berenang, memanah dan berkuda” (Umar Ibn Khattab)

Saat ini sedang marak berkembangnya olahraga sunnah di masyarakat Indonesia, yakni berenang, memanah dan berkuda. Sehingga ramai orangtua mendatangi klub-klub yang melayani pembentukan ketrampilan fisik tersebut.

Usia dini adalah fase penting untuk menstimulasi gerak dasar pada anak, oleh karena itu orangtua sangat penting mendampingi anak-anaknya untuk melakukan aktivitas fisik pada fase tersebut.

Kenapa olahraga sunnah ini disarankan diajarkan kepada anak-anak?
3 Olahraga sunnah tersebut bersifat individual, karena pada anak-anak cenderung belum bisa berkerjasama dalam aktivitas fisik, sehingga sangat tepat diberikan kepada anak-anak.

Mengapa olahraga renang?
Renang ini adalah olahraga yang menstimulasi sistem respirasi atau pernapasan dan juga menstimulasi otot-otot besar, sehingga sangat baik bagi anak untuk meningkatkan sistem otot jantung dan ketahanannya.

Mengapa olahraga panahan?
Panahan sangat baik untuk meredam keaktifan yang berlebih pada anak karena olahraga ini membentuk ketenangan, konsentrasi, keberanian dan Mentalitas Juara pada anak.

Mengapa olahraga berkuda?
Berkuda merupakan olahraga transisi fase anak-anak menuju remaja, karena sebelum menunggang kuda syarat pentingnya adalah menjinakkan kudanya. Kemampuan leadership dan komunikasi sangat dituntut pada olahraga ini.

Satu RAHASIA penting olahraga SUNNAH ini adalah ketiganya sangat bermanfaat untuk memperkokoh sistem tulang belakang dan juga menterapinya apabila ada permasalahan pada organ tersebut.

So… Ayah Bunda bisa memulai dari berenang usia (6 bln-6 thn) memanah (7-12 thn) berkuda (diatas 12 thn)

INGAT! Ini bukan sekedar olahraga tapi juga menjalankan sunnah, sambil berolahraga sambil membudayakan sunnah.

sumber : https://jsit-indonesia.com/2021/02/tiga-olahraga-sunnah-pondasi-bagi-si-kecil/

Leave a Reply

Your email address will not be published.